Ini dia kuota di UNJ, ITB dan UI - SBMPTN 2014 | Seleksi Bersama Masuk PTN
Headlines News :
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Test Footer 1

Fans Page

reent

TAB3

konten 1
konten 2
konten 3
Home » , , , » Ini dia kuota di UNJ, ITB dan UI

Ini dia kuota di UNJ, ITB dan UI

Written By admin on Sabtu, 23 Maret 2013 | 03.48


Beberapa Universitas Negeri di Indonesia menerapkan anjuran pemerintah dalam penetapan jumlah kuota Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Beberapa kampus seperti Institut Tekhnologi Bandung dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bahkan menetapkan kuota diatas anjuran pemerintah.

"Kita memberikan kuota lebih banyak yakni 40% sedangkan pemerintah menetapkan kuota 30%," ujar Rektor ITB Ahmaloka kepada Media Indonesia, Minggu (17/3).

ITB menurut Ahmaloka tidak membuka ujian masuk mandiri, karena itu, sisa kuota seluruhnya dialokasikan untuk para pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Tahun ini ITB menerima sebanyak 3.500 mahasiswa, untuk itu sebanyak 1.500 itu mahasiswa yang lulus SBMPTN sedangkan sisanya 60% dari itu mahasiswa yang lulus SMNPTN," jelas Ahmaloka.

Rektor UNJ Bedjo Sujanto menyatakan hal senada, kuota untuk SBMPTN di UNJ yakni sebesar 40%, sedangkan untuk SMPTN sebesar 50%. "Sedangkan sisanya 10% kita alokasikan untuk ujian mandiri," ujar Bedjo.

Tahun ini menurut Bedjo UNJ menampung sekitar 5.200 mahasiswa. "Kita juga mengalokasikan tambahan sebanyak 10% antisipasi jika Menteri Pendidikan meminta tambahan," papar Bedjo.

Sedangkan Universitas Indonesia (UI) mengaku tetap berpegang pada anjuran pemerintah yakni sebesar 30%. "Untuk SMNPTN kita alokasikan kuota sebesar 50%, sedangkan sisanya untuk ujian masuk mandiri," ujar Kepala Humas UI Farida Haryoko.

Menurut Farida, tahun ini UI menerima sebanyak 3.000 sampai 4.000 mahasiswa.

Terkait pelaksanaan uang kuliah tunggal (UKT) masing-masih kampus mengaku sudah menerapkan hal tersebut. "Kalau UNJ memang dari tahun lalu sudah tidak ada pungutan apapun kecuali UKT," jelas Bedjo.

Rata-rata UKT yang diterapkan UNJ menurut Bejo antara Rp1,9 juta sampai Rp5 juta per semester.

Ahmaloka turut memaparkan hal senada. "Di ITB tidak ada pungutan apapun kecuali UKT mulai tahun ini," ujar Ahmaloka.

Sedangkan Kepala Humas UI menyatakan tahun ini uang pangkal di UI yang besarannya mulai Rp25 juta mulai tahun ini diambil dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) yang dianggarkan pemerintah.

"Jadi yang berlaku sekarang UKT mulai kisaran Rp100 ribu hingga Rp7 juta per-semester yang ditetapkan berdasarkan kemampan orang tua," ujar Farida menadaskan. (Soraya Bunga Larasati)

Editor: Agus Tri Wibowo

sumber : metrotvnews

Poskan Komentar

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Mas Template
Proudly powered by google
Copyright © 2014. SBMPTN 2014 | Seleksi Bersama Masuk PTN - All Rights Reserved
/
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri